Wednesday, December 5, 2012

Pengajar Muda


Di Indonesia Mengajar, ada istilah pengajar muda, apa itu pengajar muda?

Pengajar Muda adalah generasi muda terbaik bangsa yang direkrut, dilatih dan dikirimkan oleh Indonesia Mengajar untuk mengabdi di masyarakat sebagai guru di daerah terpencil selama 1 (satu) tahun.

Indonesia Mengajar sangat percaya bahwa kualitas pendidikan sangat terkait erat dengan kualitas tenaga pengajar. Oleh karena itu, gerakan ini menantang generasi muda untuk mengawali karirnya sebagai Pengajar Muda. Pengajar Muda diharapkan membantu mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan. Selain itu Pengajar Muda akan belajar kepemimpinan di daerah penempatannya agar mereka memiliki kompetensi kelas dunia sekaligus pemahaman yang utuh.


Di daerah penempatannya, dengan berbagai pengalamannya, diharapkan para Pengajar Muda dapat membagi inspirasi kepada siswa-siswinya dan menjadi jendela kemajuan kepada generasi harapan bangsa Indonesia yang selama ini jauh dari pusat-pusat pertumbuhan negeri ini. Di sana, mereka akan memiliki saudara-saudara baru. Persaudaraan itu akan semakin merajut tenun kebangsaan Indonesia.

Setelah mereka kembali dari daerah penempatannya, diharapkan para PM akan berkarir di bidangnya masing-masing. Bukankah Indonesia akan semakin sejahtera apabila kelak sejumlah tokoh kunci di berbagai bidang: BUMN, swasta, pemerintahan, lembaga penelitian, dan lainnya diisi oleh figur-figur yang peduli pendidikan? Mereka akan sangat memahami realitas masyarakat Indonesia, karena mereka adalah bagian tak terpisahkan masyarakat. Pengalaman sebagai Pengajar Muda selama setahun bukan hanya menginspirasi generasi harapan Indonesia di daerah penempatan, melainkan juga menjadi sarana belajar anak-anak muda itu untuk semakin meresapi Indonesia.

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.


Apakah kalian mau mengambil bagian untuk memajukan pendidikan di Indonesia sebagai Pengajar Muda? (Meliana Christin)


Sumber : www.indonesiamengajar.org

No comments:

Post a Comment