Wednesday, December 26, 2012

3M Dalam Belajar Efektif

Agar kegiatan belajar menjadi efektif tentunya terdapat beberapa kunci. Menurut kami terdapat 3 kunci utama dalam belajar efektif yang saling berhubungan dan kami singkat dengan 3M. Apa itu 3M?
1.      Mendengarkan
Melalui mendengarkan kita mendapat banyak informasi. Berikut ini adalah tips agar mendengarkan kita menjadi efektif :

·      Mendengarkan Secara Aktif dan Empatik.
Maksudnya adalah menempatkan diri kita di posisi sang pembicara. Selalu ingatlah bahwa kita dikaruniai dua telinga dan satu mulut, maka kita perlu lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Kosongkan pikiran dan bersikap terbukalah pada apapun yang dikatakan orang lain pada kita.
·         Lingkungan Fisik yang Kondusif
Minimalisir atau hilangkanlah segala macam gangguan sehingga kita akan dapat memberikan perhatian penuh pada orang yang berbicara. Pilihlah tempat yang nyaman dan bebas gangguan.
·         Membuat Catatan
Mencatat apa yang pembicara sampaikan membuat kita mengolah informasi lebih lagi. Catatlah point penting dari yang pembicara sampaikan. Catatan sebaiknya dibuat secara singkat, jelas dan padat. Pada akhir catatan dibuat suatu kesimpulan untuk memudahkan anda memahami ketika membaca catatan kembali.

2.      Menulis
Menulis dengan efektif sesungguhnya mudah, yaitu kita mengawali menulis dengan hati. Berikut adalah tips agar menulis anda menjadi lebih efektif :
·         Hindari Kata Sifat
Sebaiknya menggunakan kata kerja. Contoh :  Jangan gambarkan gadis itu cantik, sebab cantik menurut anda berbeda dengan yang lain. Gambarkan kecantikan itu dengan hidung mancung, bibir seksi,dll.
·         Hindari Kata Yang Tidak Perlu
·         Contoh : Dia adalah seorang guru, seharusnya dia seorang guru. Contoh lain, Seorang aparat Polda menangkap seorang pengedar ganja. Jadi, seorang itu kata yang tidak perlu.
·         Hindari Kalimat Pasif

3.      Membaca
Anda dapat mendapatkan sesuatu dari setiap buku yang dibaca. Berikut ini adalah tips agar cara membaca anda menjadi lebih efektif :
·         Scanning
Scanning atau membaca sepintas lalu, bertujuan untuk mendapatkan informasi, menjawab pertanyaan atau  menyelesaikan masalah yang spesifik




·         Skimming
Skimming adalah membaca bagian awal sebuah bacaan secara cepat untuk memperoleh gambaran umum atau inti dari buku tersebut.
·         Membaca Kalimat Topik
Bacalah kalimat topik atau kalimat inti dari setiap paragrafnya. Dengan ini, Anda akan mendapatkan overview atau gambaran dari bab tersebut.
·         Baca Secara Detail
Setelah Anda melakukan 3 hal di atas, bacalah bagian utama atau bagian yang padat dari bacaan tersebut untuk menyaring bukti-bukti pendukung atau mendapatkan isi dari apa yang Anda cari.
·         Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis
Setelah membaca, mungkin Anda tertarik untuk menulis tentang apa yang Anda cari tersebut. Tingkatkanlah kemampuan menulis Anda dengan memperhatikan struktur dan teknik yang digunakan dalam bacaan Anda.
Mudahkan untuk mendengarkan, menulis dan membaca secara efektif? SELAMAT MENCOBA!  (Meliana)


Sumber :

No comments:

Post a Comment