Friday, December 28, 2012

Bermain dan Belajar


Bermain adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan seorang anak. Dan tentunya sebagian besar dari anak anak tidak menyukai hal yang namanya belajar. Namun apabila kita dapat menggabungkan teknik bermain dan belajar ke anak-anak, mereka dapat dengan senang mengikuti cara pembelajaran tersebut tanpa merasa bosan ataupun jenuh.

Metode ini disebut juga Play based learning dimana metode ini telah digunakan di Negara maju seperti di Inggris dan Australia. Metode ini tepatnya diperkenalkan di Inggris pada tahun 2000 dimana programnya dinamakan The Curriculum Guidance for the Foundation Stage. Program ini menyatakan bahwa Well-planned play merupakan sebuah kunci dimana anak-anak dapat dengan senang, nyaman, dan juga merasa tertantang dalam mengikuti program ini.

Misalnya ketika kita mengajarkan bahasa inggris untuk menambah kemampuan mereka dalam perbendaharaan kata, kita bisa memberikannya film atau video pendek berbahasa inggris seperti kartun kesukaan mereka, kemudian biarkanlah mereka menontonnya. Setelah itu, kita beri mereka tugas menceritakan atau merangkum isi dari film/video pendek tersebut. Dan tentunya pada saat mereka mengerjakannya baik ditulis maupun diceritakan langsung, kita tetap membimbingnya apabila si anak menemukan kesulitan dalam vocabulary mereka. Hal ini tentunya membantu mereka memperkaya perbendaharaan kata tanpa membuat si anak merasa bosan, Atau ajaklah si anak bermain scrabble, hal ini juga menantang si anak untuk berpikir tanpa merasa bosan atau jenuh.


Dengan menggunakan metode bermain dan belajar, si anak akan merasa senang, bersemangat, tidak merasa jenuh dan merasa tertantang selalu untuk menjawab pertanyaan atau suatu masalah. Hasilnya si anak akan lebih mengingat hasil permainan yang merupakan hasil pembelajarannya juga daripada dengan cara mengajar biasa. Jadi, selamat mencoba teman-teman !! Mari kita mengajar dengan penuh variasi dan dengan cara yang disenangi oleh para anak didik kita sehingga mereka akan terus bersemangat dalam belajar. (Michael Halim)

No comments:

Post a Comment