Friday, December 21, 2012

Tips Menjadi Guru Yang Baik



           Siapapun bisa menjadi seorang guru untuk mengajar di sebuah sekolah, lembaga pendidikan, atau di sebuah universitas, asalkan memenuhi syarat menjadi seorang guru dan memiliki pengetahuan yang luas. Seorang guru juga selain ingin dihormati dan dipandang oleh para muridnya tentunya juga ingin menjadi seseorang yang disukai atau bahkan menjadi panutan bagi para muridnya.

          Namun menjadi seorang guru juga bukan sekedar mengerti seluruh materi yang akan diajarkan namun juga harus memperhatikan beberapa hal. Berikut merupakan 12 tips menjadi seorang Guru yang baik.

  1. rencanakan dalam seminggu perencanaan mengajar anda
  2. selalu update rencana pengajaran anda setelah dan sebelum mengajar
  3. tidur yang cukup setiap hari. Hal ini penting agar suasana hati kita terjaga dan tidak mudah emosi
  4. rencanakan pengajaran anda dalam team, jika tidak mungkin konsultasikan formal dan informal RPP anda pada rekan sesama guru.
  5. masuk kelas lebih awal bisa 3 menit atau 5 menit lebih awal.
  6. pikirkan 3 strategi atau rencana dalam mengajar, dengan demikian anak yang cepat selesai tetap punya kegiatan
  7. saat mengajar sempatkan memotivasi siswa. memotivasi itu bukan memuji karena memotivasi anda perlu mendalami karakter anak yang anda ingin motivasi
  8. tebarkan senyum pada seisi kelas
  9. ucapkan salam dengan semangat saat akan mengajar
  10. berikan soal yang menantang dan bukan sekedar sulit
  11. minta siswa untuk ajarkan siswa lainnya jika ia sudah selesai
  12. kurangi gaya  ‘one man show’ saat mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang anda berikan.  
Ternyata banyak sekali hal yang harus diperhatikan ketika mengajar di dalam kelas, namun apabila kita memperhatikan psikologi para murid dengan seksama, terus menerus mengevaluasi diri dalam mengajar dan mempersiapkan materi, pastinya tidaklah sulit untuk menjadi seorang Guru yang baik. Yuk, bagi para calon pengajar ataupun para pengajar seperti dosen atau guru untuk mencoba 12 tips di atas. Mari kita menjadi sebuah sosok Guru yang baik bagi para anak didik kita ! Selamat mencoba dan Sukses untuk Kita semua ! (Michael Halim)

Sumber : http://gurukreatif.wordpress.com/2012/01/12/12-cara-menjadi-guru-yang-baik/

1 comment:

  1. artikel ini sangat membantu para guru untuk bagaimana menjadi guru yg baik dan menyenangkan


    My blog

    ReplyDelete