Wednesday, December 12, 2012

Tips Belajar yang Baik dan Efisien


Apa yang muncul dipikiran anda ketika saya menyebutkan “BELAJAR” ? Sebagian dari anda pasti mengatakan membosankan, malas dan lain sebagainya, tetapi belajar sesungguhnya dapat menyenangkan dan sangat bermanfaat ketika kita mengetahui bagaimana caranya belajar yang baik dan efisien. Berikut ini adalah 10 tips agar belajar kita menjadi semakin baik dan juga efisien.

1. Pilih Waktu Belajar yang Tepat
Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah. 

2. Bangun Suasana Belajar Yang Nyaman 
Lagu dan tempat belajar dapat membangun suasana belajar kita. Misalnya pilih lagu yang kita sukai, pilih tempat belajar seperti kafe ketika kita bosan di kamar. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain. 


3. Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari 
Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis 

4. Mencatat Pokok-Pokok Pelajaran 

Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian. 

5. Membaca Adalah Kunci Belajar 
Minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita. 

6. Belajar Itu Memahami Bukan Sekedar Menghafal 
Fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran. 

7. Hafalkan Kata-Kata Kunci
Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU.

8. Latih Sendiri Kemampuan 
Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita.

9. Berbagi Ilmu
Mengulang pelajaran tidak harus membaca atau menulis ulang pelajaran tapi bisa juga dengan mengajari teman tentang materi yang baru saja diulang menurut penelitian, kita akan mengingat 5% dari yang kita dengar, 10% dari yang kita baca, 20% dari yang kita dengar-baca, 30% dari yang diperagakan, 50% dari diskusi kelompok, 75% dari yang kita latihan/praktek, 90% dari yang kita ajarkan.


10. Sediakan Waktu Untuk Istirahat 
Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Jadi, sekarang tidak ada alasan lagi kan untuk malas dalam belajar? (Meliana Christin)

Sumber :

No comments:

Post a Comment