Sunday, December 30, 2012

Tips Menghadapi Ujian Sekolah

Ujian sekolah.. Kadang kita suka merasa takut bila akan menghadapinya. Namun, ujian sekolah merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Karena ujian ini merupakan penentu yang menunjukkan kemampuan kita apakah kita dapat naik ke tahapan/ kelas berikutnya.

Tetapi, apabila kita mempersiapkannya dengan matang, kita pasti akan lebih siap dan tidak perlu takut saat akan menghadapinya. Berikut tips-tips untuk menghadapi ujian sekolah :

1.    “There is no short way to success”
Ingatlah selalu pepatah ini bahwa memang tidak ada jalan pintas untuk menggapai kesuksesan. Segala sesuatu membutuhkan persiapan dan usaha maksimal.
2.    Percaya diri!
Hilangkan perasaan takut atau nervous. Karena saat kita takut atau nervous, apa yang kita pelajari bisa hilang. Ketakutan akan membuat pikiran terganggu dan tidak konsentrasi saat ujian. Relax dan percaya dirilah!
3.    Atur waktu terbaik
Atur jadwal untuk belajar secara baik. Prioritaskan waktu yang lebih banyak pada mata pelajaran yang agak sulit. Dan, luangkan sedikit waktu untuk hiburan agar tidak menimbulkan kejenuhan.
4.    Pilih suasana yang tepat untuk belajar
Pilih tempat belajar yang bisa membuat nyaman sehingga akan lebih bisa berkonsentrasi saat mempersiapkan ujian. Sebaiknya, belajar pada pagi hari dan dalam suasana yang hening karena akan lebih mudah berkonsentrasi.
Tips: jangan menempatkan cermin di lokasi belajar karena pantulan banyangan yang ditimbulkan akan mengganggu konsentrasi. Belajar dengan menghadap ke arah timur akan lebih mendatangkan energi positif dibandingkan jika menghadap k earah timur laut.
5.    Duduk tegap
Posisi saat belajar juga perlu diperhatikan. Hindari belajar di tempat tidur atau berbaring di kursi karena akan menimbulkan kantuk. Duduk tegaplah saat belajar dan tempatkan kaki sejajar dengan lantai. Cara duduk seperti ini dapat membuat ionisasi.
6.    Buatlah catatan kecil sambil belajar
Buatlah catatan kecil dengan poin-poin singkat. Catatan ini akan membantu mengingat poin penting yang telah dipelajari. Dengan adanya catatan kecil ini, memudahkan saat akan ujian daripada membuka halaman teks pelajaran, kita pun bisa belajar dimana saja dan tidak membutuhkan waktu yang banyak.
7.    Tidur dan makan dengan baik
Tidurlah dengan nyenyak. Sebuah studi mengatakan bahwa waktu tidur yang optimal adalah 6 jam. Terutama pada malam hari sebelum ujian.  Waktu istirahat yang cukup akan memberikan efek besar saat ujian.
Selain itu, makanlah dengan teratur. Usahakan jangan berpuasa saat ujian dan perbanyak minum air putih karena penting untuk menjaga sel-sel otak.
8.    Menulis dan menyajikan yang terbaik
Jawab soal-soal pertanyaan dengan sebaik mungkin, tulis jawaban-jawaban dengan rapi dan  ikuti petunjuk yang disarankan.
9.    Jangan mencontek!
Mencontek bukan hanya akan mempengaruhi nilai tetapi bisa juga menghilangkan kesempatan utnuk melanjutkan ujian. Ujian merupakan pembuktian dari kemampuan kita. Jadi, lakukanlah sesuai kemampuan kita dan dengan jujur.
10.  Berdoa dan percaya kemampuan sendiri
Berdoalah sebelum memulai ujian dan bebaskan pikiran dari segala hal yang akan mengganggu konsentrasi dalam ujian. Dan juga, percayalah pada kemampuan sendiri.

Nah, itu tadi 10 tips untuk menghadapi ujian sekolah. Ayo coba diubah kebiasaan-kebiasaan yang kurang tepat saat menghadapi ujian! Belajar dan berikan yang terbaik ya karena waktu tidak bisa diulang lagi.. (Felicia Nathania)

Sumber :

No comments:

Post a Comment