Sunday, January 13, 2013

Cara Mengajar Bahasa Inggris Pada Murid SD



Bahasa Inggris adalah bahasa dunia. Kunci yang sangat penting dalam era globalisasi sekarang ini. Karena kian cepatnya perkembangan teknologi dan informasi, menuntut kesiapan semua pihak untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif. Penguasaan bahasa lain menjadi keharusan bagi kita bila ingin berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Menguasai bahasa lebih dari satu akan memberikan keuntungan pada kita. Diantaranya, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang umum digunakan sebagai bahasa dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, budaya, dan lainnya. Selain itu, menjadikan komunikasi semakin luas dan mendorong kemajuan karir.
Karena pentingnya Bahasa Inggris ini, mari siapkan anak didik kita agar mereka dapat bersaing secara global. Berikut adalah cara mengajarkan Bahasa Inggris pada murid SD :
1.    Ciptakan suasana
Sebagai seorang guru, kita harus menciptakan suasana yang hidup agar para murid menyenangi pelajaran yang kita ajarkan. Tampilkan sikap yang selalu ceria dan antusias. Antusiasme akan menular kepada para murid. Jika kita semangat, antusias, ceria dan tersenyum kepada murid kita, maka murid kita juga akan membalas dengan antusias juga.
2.    Biasakan menggunakan ungkapan/ ekspresi/ kalimat perintah dalam Bahasa Inggris
Ketika kita terbiasa menggunakan kalimat sederhana berupa command (perintah) kepada anak didik kita, maka kita mengajarkan para murid untuk membiasakan diri mendengar dan mengucapkan kalimat Bahasa Inggris sederhana. Suatu pengulangan, pembiasaan atau scaffolding talk atau juga dinamakan language accompanying action atau bahasa sebagai penyerta tindakan akan memberi keterampilan anak di dalam mendengarkan dan mengucapkan, serta melakukan action sesuai dengan perintah yang diucapkan oleh guru. Ini berarti bahasa tidak hanya sebagai teori semata. Bahasa tidak berorientasi pada grammar saja akan tetapi justru suatu bahasa yang paling penting adalah aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan menggunakan ungkapan atau kalimat Bahasa Inggris menjadi hal menarik dan tantangan bagi murid kita.
3.    Menggunakan media lagu dan permainan (songs and games)
Mengajar Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan media lagu dan permainan. Fungsi lainnya, sebagai pelengkap atau juga sebagai sarana membangun semangat murid kembali dalam belajar. Lagu anak dalam Bahasa Inggris dapat melatih anak mendengarkan, menyanyikan dan melafalkannya dengan benar. Sebaiknya lagu dinyanyikan sesuai dengan tema materi yang sedang dipelajari. Contoh, jika materi yang sedang dipelajari adalah tentang Number, maka guru dapat memberikan lagu yang isinya tentang Number. Selain lagu, juga ada permainan yang tidak kalah menarik dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan permainan, murid menjadi terhibur, belajar sambil bermain. Karena dunia murid SD adalah dunia bermain. Contoh permainan yang dapat dimainkan adalah spider web, cards, guessing, kompetisi lomba dan sebagainya. Sambil murid bermain games, dapat disisipi pertanyaan dalam Bahasa Inggris. Dalam suasana bermain, anak semakin tertantang dalam mengaplikasikan Bahasa Inggris dimana secara tidak langsung anak belajar bahasa dengan cara yang tidak membosankan. Media internet juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi bank lagu atau permainan bagi para guru.
4.    Belajar di luar kelas
Kegiatan belajar mengajar tidak terpaku di dalam kelas saja. Belajar mengajar juga dapat dilakukan di luar kelas. Guru bisa mengajak murid-muridnya ke halaman sekolah, taman, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan materi yang dipelajari. Hal ini akan sangat membantu karena murid melihat objeknya secara nyata. Dengan cara ini anak merasa senang dan tidak bosan atau monoton. Hasilnya, materi akan mudah diterima oleh para murid.
5.    Manfaatkan media elektronik dan gambar
Guru bisa memanfaatkan computer, radio tape, dvd player, handphone, gambar dan sebagainya untuk mendukung kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris. Biasanya, anak akan cepat memahami pelajaran dengan bantuan media karena anak dapat mendengarkan dan melihat secara audio, visual dan audiovisual. Juga dapat menghindari kejenuhan dan kebosanan.



Mari persiapkan anak didik kita membuka jendela dunia lebih lebar!
(Felicia Nathania)

Sumber : http://inggrissd.blogspot.com/2012/06/tips-mengajar-bahasa-inggris-di-sd.html

4 comments:

  1. i do agree, aku juga super salut sebab aku ingin mampu mengajar dengan baik

    ReplyDelete
  2. terkadang kita dibuat heran sama anak gak pernah belajar grammar..tapi mereka bisa menarik kesimpulan harus taruh huruf s atau tidak pada kata kerjanya..ya. ternyata semakin anak banyak membaca kalimat-kalimat bhsa inggris pikirinnya tu jadi kreatif...
    kalau orang dulu kan belajar grammar tapi banyak yang gak bisa ngomong ya..inggrisnya pasif gitu..ya??

    ReplyDelete