Monday, January 7, 2013

Memahami Psikologi Anak Didik


Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda, Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang psikologi perkembangan anak dan hal ini dapat membantu para guru untuk mendekati anak-anak didiknya.

Pemahaman terhadap psikologi perkembangan memiliki kekuatan yang menentukan keberhasilan dalam proses  belajar seorang anak. Setiap perubahan akan disikapi dengan mudah apabila seorang guru memiliki pemahaman yang benar dan mendalam terhadap psikologi perkembangan anak.

Seorang anak akan melewati fase yang berbeda seiring dengan pertumbuhannya. Begitu pula dengan pendidikan. Pendidikan harus sesuai dengan perkembangan anak dalam arti, pengajaran terhadap siswa harus dilakukan pada tingkat yang tidak terlalu sulit dan menegangkan serta tidak terlalu mudah dan menjemukan. Pendidikan bagi anak TK harus berbeda dengan pendidikan anak SD. Dan begitu pula anak SD, pendidikan yang diterima harus berbeda dengan pendidikan yang diterima anak tingkatan SMP, SMA dan kuliah.

Pola perkembangan anak merupakan pola yang kompleks hasil dari beberapa proses yakni, proses biologis, kognitif dan sosio-emosional.
·         Proses biologis merupakan perubahan dalam tubuh anak. Warisan genetik memainkan peran penting dalam hal ini. Proses biologis berperan dalam perkembangan otak, berat dan tinggi badan, perubahan kemampuan bergerak dan perubahan harmonal di masa puber.
·         Proses kognitif ialah perubahan dalam pemikiran, kecerdasan dan bahasa anak. Proses perkembangan kognitif menjadikan seorang anak mampu mengingat puisi, membayangkan bagaimana cara memecahkan persoalan matematika, menyusun strategi kreatif serta menghubungkan kalimat menjadi pembicaraan yang bermakna.
·         Proses sosio-emosional adalah perubahan dalam hubungan anak dengan orang lain, perubahan emosi dan perubahan kepribadian.  Cara pengasuhan anak merupakan faktor penting dalam hal ini. Perkelahian anak, ketegasan seorang anak perempuan dan perasaan gembira ketika mendapatkan nilai-nialai baik merupakan cerminan proses perkembangan sosio-emosional.


Terdapat beberapa manfaat dari memahami psikologi anak didik antara lain:
1.       Dengan memahami perkembangan anak didik, seorang guru akan dapat memberikan harapan yang realistis terhadap anak dan remaja.
2.       Pemahaman tentang perkembangan anak dapat membantu seorang guru dalam memberikan respon yang tepat terhadap perilaku btertentu seorang anak.
3.       Pengetahuan tentang perkembangan peserta didik dapat membantu guru mengenali kapan perkembangan normal dari anak tersebut sesungguhnya dimulai.
4.       Dengan mengetahui pola normal perkembangan, memungkinkan para guru untuk mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan terjadi pada tubuh, perhatian dan perilakunya.
5.       Pengetahuan tentang perkembangan memungkinkan para guru untuk memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada anak.
6.       Studi perkembangan dapat membantu para guru untuk dapat lebih memahami diri sendiri. Melalui psikologi perkembangan, kita akan mendapatkan wawasan dan pemahaman perjalanan hidup kita sendiri.

Semoga informasi ini dapat membantu para guru untuk dapat lebih mengenali para peserta didiknya serta memberikan respons serta pengajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak. (Stephanie).


                  www. Ejournal.utp.ac.id

1 comment: