Wednesday, January 2, 2013

Manfaat Musik Instrumen Ketika Belajar


Musik dapat menjadi pembangkit motivasi kita dalam belajar, karena musik dapat membuat bergairah dalam belajar dan melepas ketegangan dalam menyelesaikan kegiatan. Penelitian-penelitian membuktikan bahwa musik memberikan banyak manfaat kepada manusia merangsang pikiran, memperbaiki konsenstrasi dan ingatan, membangun kecerdasan emosional. Musik juga dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri, yang berarti menyeimbangkan perkembangan aspek intelektual dan emosional.

Para praktisi telah menemukan bahwa mendengarkan musik instrument akan memberikan dampak positif besar terhadap pikiran, badan dan mental seseorang. Belakangan ini, semakin banyak hasil riset mengenai efek dari lagu-lagu instrumental terhadap kesehatan dan kesegaran fisik seseorang. Untuk pasien yang menghadapi masalah dengan jantung, mereka akan mendapatkan manfaat yang sama dari mendengar musik klasik selama 30 menit dibandingkan dengan menelan 10mg obat penenang Valium. Musik dan terapi relaksasi telah banyak digunakan secara bersamaan untuk menurunkan detak jantung dan menormalkan tekanan darah pada banyak pasien yang terkena serangan jantung. Penderita migraine (sakit kepala sebelah) juga telah banyak yang dilatih dengan menggunakan musik, pemberian bantuan visual dan tekhnik-tekhnik relaksasi untuk membantu menurunkan frekuensi, intensitas dan durasi penderitaan sakit kepala mereka.
Disamping keuntungan-keuntungan fisik yang dapat diperoleh, hasil riset telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik instrumental juga memberikan dampak positif pada pikiran dan bawah sadar kita. “Murid-murid yang mendengarkan Mozart selama 10 menit sebelum mengambil ujian SAT – Scholastic Aptitude Tests, secara menyeluruh mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak terekspos dengan musik tersebut sebelum ujian. Orang-orang yang mendengarkan musik klasik yang ringan selama 90 menit selama melakukan proses editing suatu naskah akan menaikkan tingkat akurasinya sekitar 21 persen." demikian menurut Abreo.

Mendengarkan musik instrumental sangat direkomendasikan  orang-orang pada berbagai kalangan umur – bahkan murid-murid sekolah telah dilaporkan mendapatpadakan keuntungan yang besar dari mendengar music karena hal ini meningkatkan stimulasi otak mereka, meningkatkan keahlian daya nalar abstrak (abstract reasoning skills) dan pengembangan kognitif (cognitive development).

Apakah anda setuju untuk belajar sambil mendengarkan musik instrumen? (Meliana)

Sumber :

1 comment:

  1. musik instrumen juga bermanfaat untuk perkembangan sel sel otak , karena musik instrumen kebanyakan menghasilkan nada nada yang rumit dan tempo yang berbeda beda sehingga dapat menstimulasi otak , musik instrumen sangat cocok bagi perkembangan otak di berbagai kalangan, musik instrumen juga diyakini dapat mengurangi dampak alzhaimer

    ReplyDelete