" We Learn, We Teach" We are concern about the education of Indonesian children and we support www.indonesiamengajar.org
Wednesday, January 16, 2013
Yuk, Cari Tahu Sejarah Indonesia!
Labels:
Anak-anak,
Bangsa,
Belajar,
bermain,
cara,
cara mengajar,
efektif,
Efisien,
Indonesia,
Mutu,
Nasional,
Pendidikan,
SD,
sejarah,
Sekolah,
Sekolah Dasar,
singkat
Sunday, January 13, 2013
Cara Mengajar Bahasa Inggris Pada Murid SD
Bahasa Inggris adalah bahasa dunia. Kunci yang
sangat penting dalam era globalisasi sekarang ini. Karena kian cepatnya perkembangan teknologi dan informasi, menuntut kesiapan
semua pihak untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif. Penguasaan
bahasa lain menjadi keharusan bagi kita bila ingin berkomunikasi dan
mendapatkan informasi. Menguasai bahasa lebih dari satu akan memberikan
keuntungan pada kita. Diantaranya, Bahasa
Inggris merupakan bahasa yang umum digunakan sebagai bahasa dalam berbagai
bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, budaya, dan lainnya. Selain itu,
menjadikan komunikasi semakin luas dan mendorong kemajuan karir.
Karena
pentingnya Bahasa Inggris ini, mari siapkan anak didik kita agar mereka dapat
bersaing secara global. Berikut adalah cara mengajarkan Bahasa Inggris pada murid
SD :
1. Ciptakan suasana
Sebagai
seorang guru, kita harus menciptakan suasana yang hidup agar para murid menyenangi
pelajaran yang kita ajarkan. Tampilkan sikap yang selalu ceria dan antusias.
Antusiasme akan menular kepada para murid. Jika kita semangat, antusias, ceria
dan tersenyum kepada murid kita, maka murid kita juga akan membalas dengan
antusias juga.
2. Biasakan menggunakan ungkapan/ ekspresi/ kalimat
perintah dalam Bahasa Inggris
Ketika kita
terbiasa menggunakan kalimat sederhana berupa command (perintah) kepada anak didik kita, maka kita mengajarkan
para murid untuk membiasakan diri mendengar dan mengucapkan kalimat Bahasa
Inggris sederhana. Suatu pengulangan, pembiasaan atau scaffolding talk atau juga dinamakan language accompanying action atau bahasa sebagai penyerta tindakan
akan memberi keterampilan anak di dalam mendengarkan dan mengucapkan, serta melakukan
action sesuai dengan perintah yang
diucapkan oleh guru. Ini berarti bahasa tidak hanya sebagai teori semata.
Bahasa tidak berorientasi pada grammar
saja akan tetapi justru suatu bahasa yang paling penting adalah aplikasinya
dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan menggunakan ungkapan atau
kalimat Bahasa Inggris menjadi hal menarik dan tantangan bagi murid kita.
3. Menggunakan media lagu dan permainan (songs and games)
Mengajar
Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan media lagu dan permainan. Fungsi lainnya,
sebagai pelengkap atau juga sebagai sarana membangun semangat murid kembali
dalam belajar. Lagu anak dalam Bahasa Inggris dapat melatih anak mendengarkan,
menyanyikan dan melafalkannya dengan benar. Sebaiknya lagu dinyanyikan sesuai
dengan tema materi yang sedang dipelajari. Contoh, jika materi yang sedang
dipelajari adalah tentang Number,
maka guru dapat memberikan lagu yang isinya tentang Number. Selain lagu, juga ada permainan yang tidak kalah menarik
dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan permainan, murid menjadi terhibur,
belajar sambil bermain. Karena dunia murid SD adalah dunia bermain. Contoh
permainan yang dapat dimainkan adalah spider
web, cards, guessing, kompetisi lomba dan sebagainya. Sambil murid bermain games, dapat disisipi pertanyaan dalam
Bahasa Inggris. Dalam suasana bermain, anak semakin tertantang dalam
mengaplikasikan Bahasa Inggris dimana secara tidak langsung anak belajar bahasa
dengan cara yang tidak membosankan. Media internet juga bisa dimanfaatkan untuk
menjadi bank lagu atau permainan bagi para guru.
Kegiatan
belajar mengajar tidak terpaku di dalam kelas saja. Belajar mengajar juga dapat
dilakukan di luar kelas. Guru bisa mengajak murid-muridnya ke halaman sekolah,
taman, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan materi yang dipelajari. Hal ini
akan sangat membantu karena murid melihat objeknya secara nyata. Dengan cara
ini anak merasa senang dan tidak bosan atau monoton. Hasilnya, materi akan
mudah diterima oleh para murid.
5. Manfaatkan media elektronik dan gambar
Guru bisa
memanfaatkan computer, radio tape, dvd
player, handphone, gambar dan sebagainya untuk mendukung kegiatan belajar
mengajar Bahasa Inggris. Biasanya, anak akan cepat memahami pelajaran dengan
bantuan media karena anak dapat mendengarkan dan melihat secara audio, visual
dan audiovisual. Juga dapat menghindari kejenuhan dan kebosanan.
Mari persiapkan anak didik kita membuka jendela dunia
lebih lebar!
(Felicia
Nathania)
Sumber :
http://inggrissd.blogspot.com/2012/06/tips-mengajar-bahasa-inggris-di-sd.html
Friday, January 11, 2013
10 Tips Mengajar Matematika Kepada Anak SD
Halo teman-teman
khususnya para pengajar nih !!! Pada hari ini kita punya topik seru yang akan
dibahas dan dibagikan ke teman-teman semuanya. Judul topik yang akan kita bahas
hari ini adalah Cara Mengajar Matematika Kepada Anak Sekolah Dasar !
Bagi sebagian besar
anak-anak sekolah dasar, Matematika merupakan pelajaran yang paling menakutkan
dan paling sulit. Sehingga sebagian besar dari mereka sudah tidak memiliki
ketertarikan lagi untuk belajar Matematika. Namun, bagi para pengajar tidak
perlu takut atau cemas ! Kita akan bagi solusi dan tips untuk mengajar
Matematika bagi anak SD !
Berikut ini
merupakan 10 tips mengajar Matematika
kepada anak Sekolah Dasar (SD) :
1. Mengajarlah Matematika
dengan dramatisasi
Ada baiknya guru bisa
mendramatisasi sebuah permasalahan. Misalnya, anak-anak disuruh merasakan
berada dalam sebuah bola atau prisma, suruh mereka untuk merasakan permukaan,
tepi dan sudut-sudutnya. Untuk mendramatisasi masalah aritmatika misalnya,
suruh anak untuk berpura-pura bagaimana jika ia melompat ke dalam kolam,
kemudian melompat lagi dan satu lagi. Berapakah jumlah keseluruhan lompatan
mereka.
2. Gunakan bagian tubuh mereka
Beritahu anak-anak untuk
menunjukkan berapa banyak kaki, mulut, dan sebagainya yang mereka miliki.
Ketika diminta untuk menunjukkan jumlah mereka “tiga tangan,” pasti mereka akan
menanggapi protes keras, dan kemudian memberitahu berapa banyak yang mereka
memiliki dan menunjukkan (“membuktikan”) itu. Kemudian mengajak anak-anak untuk
menunjukkan angka dengan jari, misalnya dimulai dengan, “Berapa umurmu?” Untuk
menampilkan angka dalam cara yang berbeda, misalnya, lima sebagai tiga di satu
sisi dan dua di sisi lain.
3. Ajaklah anak-anak bermain
Libatkan anak-anak dalam
bermain secara bersamaan yang memungkinkan mereka untuk melakukan perhitungan
matematika dengan berbagai cara, termasuk pengurutan, menciptakan bentuk
simetris dan kesebangunan, membuat pola, dan sebagainya. Kemudian perkenalkan
mereka dengan permainan Toko Dinosaurus. Suruhlah anak-anak berpura-pura
membeli dan menjual mainan dinosaurus atau benda kecil lainnya. Hal ini berarti
mereka telah belajar berhitung, aritmatika, dan konsep uang.
4. Gunakan buku cerita
anak-anak
Banyak buku cerita anak-anak
yang berkaitan secara tidak langsung dengan Matematika tetapi memiliki cerita
yang baik juga
5. Gunakan pengalaman anak-anak
Cobalah untuk menggali pengalaman anak-anak dan doronglah agar pengalaman tersebut berhubungan dengan Matematika
Cobalah untuk menggali pengalaman anak-anak dan doronglah agar pengalaman tersebut berhubungan dengan Matematika
6. Gunakan kreativitas alami
dari anak-anak
Ide-ide anak-anak berkaitan
dengan matematika harus didiskusikan dengan semua anak. Misalnya “percakapan
matematika” antara dua anak laki-laki, masing-masing 6 tahun: “Pikirkan jumlah
terbesar Anda dapat sekarang tambahkan lima lalu dan seterusnya.
7.
Gunakan Kemampuan untuk memecahkan masalah matematika
Mintalah anak-anak untuk
menjelaskan bagaimana mereka mengetahui masalah misalnya, berapa banyak snack
yang mereka butuhkan jika ada teman lain yang bergabung dengan kelompok. Dorong
mereka untuk menggunakan jari-jari mereka sendiri atau memanipulasi
apapun yang mungkin berguna untuk pemecahan masalah.
8. Gunakan berbagai strategi
Bawalah konsep Matematika
kemanapun Anda pergi di kelas Anda, dari menghitung anak-anak pada pertemuan
pagi, untuk mengatur meja, untuk meminta anak-anak untuk membersihkan nomor
tertentu atau bentuk barang. Juga, menggunakan kurikulum berbasis penelitian
untuk menggabungkan serangkaian kegiatan belajar diurutkan ke dalam program
Anda.
9. Gunakan teknologi.
Cobalah kamera digital untuk
merekam karya matematika anak-anak, dalam bermain mereka dan dalam kegiatan
yang direncanakan, dan kemudian menggunakan foto untuk membantu diskusi dan
refleksi dengan anak-anak, perencanaan kurikulum, dan komunikasi dengan orang
tua. Gunakan komputer secara bijaksana.
10.
Gunakan penilaian untuk mengukur kemampuan anak-anak belajar matematika
Gunakan pengamatan, diskusi
dengan anak-anak, dan kegiatan kelompok kecil untuk belajar tentang berpikir
matematika anak-anak dan untuk membuat keputusan tentang apa sehingga setiap
anak mungkin dapat belajar dari pengalaman mereka.
Nah itu dia 10 Tips mengajarkan Matematika
kepada anak SD agar proses belajar mengajar terutama dalam pelajaran Matematika
menjadi lebih lancar dan nyaman bagi si guru dan si anak didik. Selamat mencoba
ya teman-teman pengajar !!! Tetap Semangat mendidik generasi muda Indonesia !!!
(Michael
Halim)
Sumber: http://sdn22talangkelapa.blogspot.com/2012/02/10-cara-mengajar-matematika-untuk-anak.html
Labels:
anak,
Anak-anak,
Belajar,
cara mengajar,
didik,
efektif,
guru,
Kreatif,
Kreativitas,
Matematika,
Mengajar,
Motivasi,
Murid,
Mutu,
Pendidikan,
SD,
Sekolah Dasar,
tips
Wednesday, January 9, 2013
Cara Mengajar Anak Sekolah Dasar
Mengajar
anak Sekolah Dasar (SD) tentunya akan lebih sulit, karena pada tahap ini mereka
mengalami masa transisi di mana baru memasuki proses belajar yang serius.
Menjadi seorang guru SD tentunya banyak hal yang harus diperhatikan agar
pembelajaran menjadi efektif, seperti : suara yang lantang dan juga intonasi
yang beragam, selain itu dibutuhkan juga waktu untuk beristirahat dengan
menyediakan ice breaker mengingat bahwa waktu konsentrasi mereka cenderung
singkat. Berikut adalah beberapa teknik mengajar anak SD :
1. Teknik Individual, terdiri dari:
Guru membuka
jalan pemecahan karena anak yang belum matang mendiagnosis sendiri sukar
memecahkan masalahnya, tanpa bantuan dari pihak lain yang berpengalaman.
b. Non-directive
counseling
Fokus pada
anak yang bermasalah dan sang anak yang menentukan sendiri apakah dia
membutuhkan pertolongan dari pihak lain.
c. Eclective
counseling
Masalah yang
dihadapi itulah yang harus ditangani
Merupakan teknik bimbingan kelompok yang bertujuan secara luwes, sehingga tentang apa yang
dipergunakan setiap waktu dapat diubah kalau memang diperlukan.
2. Teknik Kelompok, terdiri dari:
a. Home room agar para guru atau pertugas bimbingan
dapat mengenal murid-muridd secara lebih tepat sehingga dapat membantunya
secara lebih efektif (Eddy Hendrarno, dkk; 2003). Jumlah anggota kelompok dapat
berupa kelompok kecil (5-10 orang) maupun kelompok besar (25-30 orang). Tujuan
teknik home room, selain untuk mengidentifikasikan masalah dapat pula membantu
siswa untuk mampu menghadapi dan mengatasi masalahnya
b. Field drip
(karya wisata)
Kegiatan
karyawisata selain mrupakan kegiatan rekreasi ataupun salah satu metode
mengajar, dapat pula difungsikan sebagai salah satu teknik dalam bimbingan
kelompok (Djumhur dalam Eddy Hendrarno, dkk;2003). Melalui kegiatan karyawisata
pertugas bimbingan dapat mengarahkan murid untuk belajar melakukan penyesuaian
diri dalam kehidupan kelompok.. Tujuan teknik ini adalah pemberian informasi,
pembentukan sikap dan pengembangan bakat serta minat.
c. Group
discussion bimbingan kelompok yang dilakukan dalam kelompok kecil (5-10 orang). Pada umumya diskusi kelompok berlangsung antara 30-60 menit.
d. Pelajaran bimbingan
Bimbingan dilakukan dalam kelompok-kelompok
Diskusi
kelompok merupakan salah satu teknik kelas yang telah ada. Pembimbing masuk dalam
kelas seperti guru biasa, tidak mengajarkan mata pelajaran seperti dalam
silabus, melainkan menyampaikan dan membahas masalah bimbingan.
e. Kelompok
bekerja
Kelompok
kerja dibentuk dengan memperhatikan tingkah laku kemampuan, jenis kelamin,
tempat tinggal dan jalinan hubungan social. Tujuannya adalah untuk meningkatkan
kemampuan belajar, menyalurkan bakat dan minat, membentuk sikap kooperatif dan
kompetitif yang sehat, meningkatkan penyesuaian social, yang kesemuanya akan
mengarahkan pada perkembangan murid.
f. Pengajaran
remidi
Pengajaran
remidi diberikan kepada murid-murid yang mengalami kesulitan belajar.
g. Organisasi murid
Pembimbing
sekolah dapat mengarahkan agar murid dapat mengenal berbagai aspek kehidupan
social, mengembangkan sikap kepemimpinan dan kerjasama, rasa tanggung jawab dan
harga diri. Tujuannya antara lain menyangkut penyesuaian diri, sikap
kepemimpinan dan kerjasama dan pemecahan masalah.
i. Sosiodrama dan
psikodrama
Bedanya,
terletak pada jenisnya cerita yang dimainkan dan tekanan masalah yang hendak
diceritakan. Pada sosiodrama lebih menekankan pada masalah psikis. Meskipun
demikian antara keduanya sagat erat hubunganya dan kadang-kadang sulit
dibedakan.
Apakah
anda memiliki teknik yang lain? Silakan sharing di sini. (Meliana)
Sumber
:
Monday, January 7, 2013
Memahami Psikologi Anak Didik
Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda, Oleh
karena itu, seorang guru harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang
psikologi perkembangan anak dan hal ini dapat membantu para guru untuk
mendekati anak-anak didiknya.
Seorang anak akan melewati fase yang berbeda seiring dengan
pertumbuhannya. Begitu pula dengan pendidikan. Pendidikan harus sesuai dengan
perkembangan anak dalam arti, pengajaran terhadap siswa harus dilakukan pada
tingkat yang tidak terlalu sulit dan menegangkan serta tidak terlalu mudah dan
menjemukan. Pendidikan bagi anak TK harus berbeda dengan pendidikan anak SD.
Dan begitu pula anak SD, pendidikan yang diterima harus berbeda dengan
pendidikan yang diterima anak tingkatan SMP, SMA dan kuliah.
Pola perkembangan anak merupakan pola yang kompleks hasil
dari beberapa proses yakni, proses biologis, kognitif dan sosio-emosional.
·
Proses biologis merupakan
perubahan dalam tubuh anak. Warisan genetik memainkan peran penting dalam hal
ini. Proses biologis berperan dalam perkembangan otak, berat dan tinggi badan,
perubahan kemampuan bergerak dan perubahan harmonal di masa puber.
·
Proses kognitif ialah perubahan
dalam pemikiran, kecerdasan dan bahasa anak. Proses perkembangan kognitif
menjadikan seorang anak mampu mengingat puisi, membayangkan bagaimana cara
memecahkan persoalan matematika, menyusun strategi kreatif serta menghubungkan
kalimat menjadi pembicaraan yang bermakna.
·
Proses sosio-emosional adalah
perubahan dalam hubungan anak dengan orang lain, perubahan emosi dan perubahan
kepribadian. Cara pengasuhan anak
merupakan faktor penting dalam hal ini. Perkelahian anak, ketegasan seorang
anak perempuan dan perasaan gembira ketika mendapatkan nilai-nialai baik
merupakan cerminan proses perkembangan sosio-emosional.
Terdapat beberapa manfaat dari memahami psikologi anak
didik antara lain:
1.
Dengan memahami perkembangan anak
didik, seorang guru akan dapat memberikan harapan yang realistis terhadap anak
dan remaja.
2.
Pemahaman tentang perkembangan
anak dapat membantu seorang guru dalam memberikan respon yang tepat terhadap
perilaku btertentu seorang anak.
3.
Pengetahuan tentang perkembangan
peserta didik dapat membantu guru mengenali kapan perkembangan normal dari anak
tersebut sesungguhnya dimulai.
4.
Dengan mengetahui pola normal
perkembangan, memungkinkan para guru untuk mempersiapkan anak menghadapi perubahan
yang akan terjadi pada tubuh, perhatian dan perilakunya.
5.
Pengetahuan tentang perkembangan
memungkinkan para guru untuk memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada
anak.
6.
Studi perkembangan dapat membantu
para guru untuk dapat lebih memahami diri sendiri. Melalui psikologi
perkembangan, kita akan mendapatkan wawasan dan pemahaman perjalanan hidup kita
sendiri.
Semoga informasi ini dapat membantu para guru untuk dapat
lebih mengenali para peserta didiknya serta memberikan respons serta pengajaran
yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak. (Stephanie).
Sumber : www.sahabatdendy.wordpress.com
www. Ejournal.utp.ac.id
Toko Buku Murah
Halo
teman-teman, pada kesempatan hari ini kita mau berbagi informasi tentang
Toko-Toko Buku Murah di daerah Jakarta. Seringkali kita sulit menemukan buku
pelajaran yang sedang kita cari karena tahun terbitnya sudah cukup lama maupun
sudah habis stok di pasaran. Nah kali ini Ayo Mengajar ingin berbagi informasi
untuk kalian semua. Jadi apabila kalian sedang mencari buku-buku kuliah atau
pelajaran sekolah yang biasanya sulit ditemukan di toko buku di mall, nah
mungkin informasi ini bisa cukup membantu kalian semua.
Ini merupakan toko-toko buku murah
di daerah jakarta, antara lain:
1. Toko
Buku Pantai kencana (Jl Pintu Kecil 6-7, Roa Malaka)
2. Toko
Buku Damai
3. Daerah
belakang Untar
4. Daerah
sekitar Universitas BINUS (Kemanggisan)
5. Toko
buku kwitang di daerah Blok M
6. Daerah
pasar Jatinegara (dekat pasar burung)
7. ITC
Kuningan lt 2, dll..
Toko-toko buku tersebut sebagian
besar memang tidak baru atau disebut juga sebagai buku bekas namun, kita masih
dapat menemukan berbagai buku pengetahuan dalam kondisi yang baik walaupun
merupakan buku bekas. Adapun sebagian merupakan buku yang tidak orisinil namun
layak untuk dibeli. Well, untuk yang sedang mencari buku atau gemar mencari
buku-buku terutama buku pelajaran/kuliah tapi budget yang ngepas, silahkan
dikunjungi dan dilihat-lihat. Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman
yang sedang mencari buku-buku pelajaran yang sulit ditemukan di pasaran. Terima
Kasih
(Michael Halim)
Friday, January 4, 2013
Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat Saat Belajar
Terkadang mungkin
kita sering lupa dan mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu, apalagi untuk
mengingat pelajaran. Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut cobalah
untuk mengkonsumsi makanan yang dijuluki “Brain Food”. Brain Food ini dapat
merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya
ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak. Brain Food tersebut diantaranya ialah
sebagai berikut :
1. Salmon
Ikan berlemak
seperti salmon ialah sumber terbaik asam lemak Omega 3 terutama DHA dan EPA
yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Omega 3
juga menyediakan lebih banyak oksigen ke otak, serta memungkinkan seseorang
untuk menyimpan informasi baru sementara masih mengingat informasi lama. Riset
terbaru juga menunjukkan bahwa mereka yang memperoleh asupan asam lemak lebih
banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji
kemampuan.
2. Telur
Telur dikenal
sebagai sumber protein dengan harga yang cukup terjangkau. Bagian kuning telur
merupakan bagian padat akan kandungan kolin, yaitu suatu zat yang dapat
membantu perkembangan memori atau daya ingat.
3. Selai Kacang
Kacang tanah
(peanut) dan selai kacang ialah salah satu sumber vitamin E. Vitamin E ini
merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Thiamin
dan vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk
kebutuhan energi.
4. Gandum Murni
Otak
membutuhkan supply atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan.
Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang
terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam
tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem
saraf.
5. Oat/ Oatmeal
Oat ialah
salah satu jenis sereal yang paing popular di kalangan anak-anak dan kaya akan
nutrisi yang penting bagi anak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar
untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak saat mengawali aktivitasnya di pagi
hari. Oat kaya akan kandungan serat sehingga akan menjaga otak anak terpenuhi
kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B,
potasium dan seng dimana membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas
penuh.
6. Berry
Strawberry,
cherry, blueberry dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya maka
semakin banyak nutrisi yang dikandungnya. Berry mengandung antioksidan berkadar
tinggi, khususnya vitamin C yang berguna mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan
bahwa mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami
perbaikan dalam fungsi daya ingatnya. Biji dan buah berry ini juga ternyata
kaya akan asam lemak Omega 3.
7. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan
spesial karena makanan ini memililki energi yang berasal dari protein serta
karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan
mineral. Kacang juga merupakan makanan yang baik untuk otak karena dapat
mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore
hari jika dikonsumsi saat makan siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah
dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak Omega 3 daripada jenis
kacang lainnya, khususnya ALA yang merupakan jenis asam lemak Omega 3 yang penting
bagi pertumbuhan dan fungsi otak.
8. Sayuran
Berwarna
Tomat, ubi
jalar merah, labu, wortel dan bayam adalah sayuran yang kaya akan nutrisi dan
sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.
9. Susu dan
Yoghurt
Makanan yang
berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin D tinggi. Kedua jenis
nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.
Susu dan yoghurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan
karbohidratnya, sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru
mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D,
bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D ialah vitamin yang
juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara
keseluruhan.
10. Daging Sapi
Tanpa Lemak
Zat besi
adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan
berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak ialah salah satu sumber
makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengkonsumsi 1 ons per
hari, maka tubuh akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lainnya.
Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya
ingat.
Khusus bagi
yang vegetarian, dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai
pilihan. Kacang-kacangan adalah sumber penting zat besi non-heme – tipe zat
besi yang membutuhkan vitamin C untuk diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi tomat,
jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya
mencukupi kebutuhan zat besi.
Itulah ke- 10
“Brain Food” yang dapat membantu meningkatkan daya ingat saat belajar. Semoga
bermanfaat dan sukses dalam belajarnya ya! (Felicia Nathania)
Sumber :
Wednesday, January 2, 2013
Manfaat Musik Instrumen Ketika Belajar
Musik dapat menjadi pembangkit motivasi kita dalam belajar, karena
musik dapat membuat bergairah dalam belajar dan melepas ketegangan dalam
menyelesaikan kegiatan. Penelitian-penelitian membuktikan bahwa musik memberikan banyak manfaat kepada
manusia merangsang pikiran, memperbaiki konsenstrasi dan ingatan, membangun
kecerdasan emosional. Musik juga dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan
otak kiri, yang berarti menyeimbangkan perkembangan aspek intelektual dan
emosional.
Para praktisi telah menemukan bahwa mendengarkan musik instrument akan memberikan dampak positif besar
terhadap pikiran, badan dan mental seseorang. Belakangan ini, semakin
banyak hasil riset mengenai efek dari lagu-lagu instrumental terhadap kesehatan
dan kesegaran fisik seseorang. Untuk pasien yang menghadapi masalah dengan
jantung, mereka akan mendapatkan manfaat yang sama dari mendengar musik klasik
selama 30 menit dibandingkan dengan menelan 10mg obat penenang Valium. Musik
dan terapi relaksasi telah banyak digunakan secara bersamaan untuk menurunkan
detak jantung dan menormalkan tekanan darah pada banyak pasien yang terkena
serangan jantung. Penderita migraine (sakit kepala sebelah) juga telah banyak
yang dilatih dengan menggunakan musik, pemberian bantuan visual dan
tekhnik-tekhnik relaksasi untuk membantu menurunkan frekuensi, intensitas dan
durasi penderitaan sakit kepala mereka.
Disamping keuntungan-keuntungan fisik yang dapat diperoleh, hasil riset telah menunjukkan bahwa
mendengarkan musik instrumental juga memberikan dampak positif pada pikiran dan
bawah sadar kita. “Murid-murid yang mendengarkan Mozart selama 10 menit
sebelum mengambil ujian SAT – Scholastic Aptitude Tests, secara menyeluruh
mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak terekspos
dengan musik tersebut sebelum ujian. Orang-orang yang mendengarkan musik klasik
yang ringan selama 90 menit selama melakukan proses editing suatu naskah akan
menaikkan tingkat akurasinya sekitar 21 persen." demikian menurut Abreo.
Mendengarkan musik instrumental sangat direkomendasikan orang-orang pada berbagai kalangan umur – bahkan murid-murid sekolah telah
dilaporkan mendapatpadakan keuntungan yang besar dari mendengar music karena hal
ini meningkatkan stimulasi otak mereka,
meningkatkan keahlian daya nalar abstrak (abstract reasoning skills) dan
pengembangan kognitif (cognitive development).
Apakah anda setuju untuk belajar sambil mendengarkan musik instrumen? (Meliana)
Sumber :
Labels:
Belajar,
emosional,
instrumen,
intelektual,
kecerdasan,
kognitif,
Manfaat,
Motivasi,
musik,
penelitian,
Sekolah
Subscribe to:
Posts (Atom)